Sebelum Memberikan Makanan Anjing Buatan Sendiri, Perhatikan Dulu Hal Ini

Makanan anjing dalam kemasan yang dijual secara bebas di toko-toko tentu saja tidak baik jika terlalu sering diberikan kepada anjing anda. Terkadang, sebagai pemilik anda juga harus memberikan anjing kesayanan anda makanan buatan rumah yang bebas dari pewarna dan juga bahan pengawet. Namun tidak semua makanan manusia bisa dikonsumsi oleh anjing. Oleh sebab itu jika anda ingin memberikan makanan anjing yang diolah sendiri di rumah, sebaiknya anda memerhatikan berbagai bahan makanan yang baik untuk anjing. Oleh sebab itu sebelum membuat makanan anjing sendiri di rumah perhatikanlah hal-hal berikut ini agar anda tak salah memberikan makanan yang ada di rumah.

Sebelum memberikan makanan anjing yang dibuat sendiri, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan karena anjing bisa saja memiliki alergi pada bahan makanan tersebut. Oleh sebab itu penting rasanya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu jika anda tak ingin terjadi apa-apa pada anjing anda. Selain itu konsultasikan juga soal diet kepada dokter hewan. Hal tersebut dikarenakan diet itu baik untuk anjing. Anda harus membuat makanan yang mengandung bahan yang seimbang dengan perbandingan 40% daging, 30% sayur, dan 30% tepung. Kemudian olah menjadi makanan anjing yang lezat. Ketika membuat makanan untuk anjing perhatikan juga masalah kebersihan agar makanan tidak bercampur dengan bakteri yang bisa berbahaya bagi anjing.

Untuk memberikan makanan anjing buatan sendiri, ternyata daging mentah jauh lebih sehat jika dibandingkan daging yang sudah dimasak terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan daging yang mash mentah masi memiliki kandungan air yang bagus untuk dikonsumsi. Hal ini tentunya bagus untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh anjing. Ketika anda memberikan daging yang telah dimasak tentu saja akan mengurangi kadar protein yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu berikanlah daging yang masih mentah karena daging mentah memiliki banyak manfaat untuk anjing.

Karena anjing sangat suka dengan tulang, maka anda bisa mencampurkan tulang ayam pada makanan utamanya. Disini anda bisa memberikan campuran berupa tulang ayam kepada anjing kesayangan anda. Dalam hal ini anda harus memberikan tulang ayam yang benar-benar segar. Ingat jangan masak terlebih dahulu tulang ayam tersebut. Selain harus mengandung daging, makanan anjing juga harus mengandung sayuran. Anda bisa memilih sayuran seperti brokolo, wortel, selada, kubis, dan seledri. Ketika anda memberikan sayuran tapi anjing anda malah berasa kembung setelah memakannya, maka sebaiknya anda tidak memberikannya lagi di jam makan berikutnya. Hal tersebut akan membuat anjing anda merasa tidak nyaman karena perutnya yang kembung tersebut. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan soal sayuran terbaik untuk anjing.


Makanan anjing juga harus mengandung zat tepung. Jenis makanan yang mengandung zat tepung antara lain oatmeal, pasta, nasi, dan juga kentang. Daftar makanan yang mengandung zat tepung tersebut tentu saja mudah dibuat sebagai makanan pelengkap untuk anjing anda. Dalam memberi makan anjing ada beberapa jenis makanan yang berbahaya jika dikonsumsi anjing seperti bawang putih, kismis, anggur, bawang merah, dan juga pemanis buatan. Semua makanan tersebut akan berbahaya jika dikonsumsi oleh anjing kesayangan anda. Oleh sebab itu hindari dan berikanlah jenis makanan yang aman untuk anjing anda jika ingin membuatnya terus merasa sehat. Itulah beberapa makanan anjing buatan sendiri yang bisa diberikan kepada anjing anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *