Cara Paling Mudah Jinakkan Burung Tekukur Yang Masih Liar

Akankah anda pernah melihat burung tekukur? Jika pernah pastinya anda mengerti jika burung tersebut menjadi salah satu burung dengan kicauan merdu. Bahkan peminat dari burung tersebut cukup banyak sekali mulai yang junior sampai dengan senior. Menariknya burung ini juga lebih dikenal berkat sifatnya mudah dijinakkan. Anda tidak perlu waktu lama untuk membuat burung tersebut lebih jinak.

Tentunya anda harus mengerti beragam cirinya supaya mudah membedakan burung tersebut dengan burung yang lain. Adapun beragam ciri yang harus anda ketahui yakni:
a. Warna bulu pada bagian tubuhnya ini coklat polos
b. Warna pada bagian lehernya ada bintik hitamnya
c. Warna bagian paruhnya ini memang hitam dengan ukuran paruh yang terbilang kecil
d. Ukuran tubuh dari burung ini masuk pada ukuran sedang

Itulah tadi berbagai macam ciri dari burung tekukur yang mampu memudahkan siapapun mengenalinya. Dimana dari beragam cirinya tersebut bisa membuat anda membedakannya dengan jenis burung yang lain.

Cara paling mudah jinakkan burung tekukur masih liar
Setidaknya anda harus mengerti berbagai macam langkah paling tepat yang perlu anda perhatikan jika memang berkeinginan menjinakkan burung tekukur. Dimana cara yang bisa anda lakukan begitu mudah sekali yakni:

a. Memandikan burung tekukur setiap paginya
Perlu anda ketahui cara pertama yang bisa anda lakukan tentu saja dengan memandikan burung tersebut disetiap pagi. Anda bisa melakukannya pada jam 06.00 hingga 07.00 pagi. Caranya ternyata terbilang mudah sekali. Anda hanya perlu mempergunakan semprotan dimana bagian kepala burung sampai dengan ujung kaki perlu disemprot. Alangkah baiknya pula anda mampu menyemprot semua bagian tubuh burung hingga benar basah.

b. Menjemur burung hingga terkena terik matahari
Ketika anda sudah selesai memandikan burung tekukur sebaiknya segera jemur burungnya agar terkena sinar matahari. Usahakan saja ketika menjemur anda menjaganya agar tidak termakan oleh binatang buas yang lain. Anda tentunya bisa menjemur burung tersebut dengan menggantungkan sangkar pada pohon.

c. Berikan pakan burung tekukur
Tentunya anda harus mengerti jika pakan burung tersebut haruslah sesuai. Pada minggu yang pertama biasanya burung tersebut diberi pakan dengan tempat biasa. Sedangkan pada minggu kedua pemberian pakan bisa menggunakan sendok. Sementara itu untuk minggu ketiganya pakan diberikan dengan bantuan tangan. Usahakan dalam pemberian pakan ini dilakukan secara bertahap. Hingga akhirnya pertumbuhan burung tekukur benar bagus dan sehat.

d. Anginkan burung pada tempat sejuk
Saat anda sudah memberikan pakan pada burung tekukur tersebut sebaiknya anda berikan waktu istirahat siburung ditempat paling sejuk. Setidaknya sangkar burung bisa anda gantungkan pada tempat sepi dimana tempatnya memang jauh dari kebisingan manusia. Usahakan saat anginkan burung janganlah diliatin terus. Tetapi biarkan burungnya tetap bersenang-senang maupun bermain. Hal ini nantinya mampu hindarkan burung dari rasa takut. Hingga akhirnya hati burung pun penuh dengan ketenangan.

Tentunya cara menjinakkan burung tekukur ini tidaklah sulit dilakukan. Dimana siapapun bisa dengan mudah melakukannya sesuai dengan instruksi yang ada. Semoga saja berkat penjelasan di atas mampu membuat siapapun merasa tertarik dengan burung yang satu ini. Karena bagaimana pun juga tenyata burung ini bukan hanya indah warnanya namun juga merdu kicauannya. Inilah mengapa cukup banyak pula para pecinta burung yang sedang mengincar burung ini. Meskipun dari segi ketenarannya masih kalah dengan burung lovebird setidaknya masih memukau dan bisa membuat suasana semakin riang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *